Category: Beton

Tipe Zat Kimia Sebagai Penambah Pembuatan Beton

Tipe Zat Kimia Sebagai Penambah Pembuatan Beton

Beton adalah material utama dalam pembangunan. Fungsinya sebagai pembentuk struktur. Dalam proses pembuatannya, biasanya menggunakan cara manual atau memakai mesin canggih. Penggunaan metode memanfaatkan teknologi tentu lebih praktis. Dapatkan harga ready mix terbaik di kota Anda.

Tipe-Tipe Zat Kimia Sebagai Penambah Pembuatan Beton

Menggunakan beton yang sudah siap pakai biasanya dilakukan oleh kontraktor atau pekerja proyek-proyek besar. Hal ini karena kualitasnya lebih bagus serta tidak membutuhkan banyak tenaga. Dalam pembuatannya, ada tambahan zat kimia sehingga menjadi kokoh dan bermutu. Berikut tipe-tipenya.

Tipe A

Tipe zat kimia yang pertama adalah A. Ini biasanya memiliki sebutan sebagai water reducing admixture. Sesuai dengan sebutannya, fungsinya ialah untuk mengurangi ari dalam proses pencampuran atau pengadukan beton.

Tipe B

Selanjutnya ada tipe B atau retarding admixture. Ini adalah zat penambah yang akan menghambat waktu pengikatan beton. Sehingga, dalam perjalanan material tersebut tidak langsung mengeras dengan cepat. Kondisi cuaca menjadi salah satu faktornya sehingga zat kimia tersebut sangat penting.

Tipe C

Nama lain dari zat kimia tipe C ini adalah acceleration admixture. Dalam proses pencampuran adonan bersamaan dengan material lainnya, zat tersebut mampu memberikan kekuatan pada beton mulai dari awal dan mempercepat kinerja penguatan itu.

Tipe D

Pada tipe berikutnya ada water reducing and retarding admixture. Kegunaannya memiliki fungsi ganda. Tidak hanya mampu mengurangi penggunaan air, zat kimia ini juga akan mengambat pengikatan beton ketika cuaca sedang tidak bagus.

Tipe E

Tipe E juga sering orang sebut sebagai water reducing and acceleration admixture. Fungsinya ada dua, yakni megurangi penggunaan air serta mempercepat proses pengikatan dari awal. Anda bisa mendapatkan harga ready mix dengan campuran bahan kimia terbaik.

Tipe F

Berikutnya adalah tipe F. Nama lainnya yaitu, water reducing high range admixture. Memiliki fungsi sebagai pengurang air sehingga mencapai konsistensi tertentu. Pengunaanya akan memberikan kekuatan pada beton lebih baik.

Tipe G

Terakhir ada tipe G. Zat kimia ini memiliki nama lain water reducing high range retarding admixture. Fungsinya mengurangi air serta menghambat pengikatan beton. Demikian informasi tentang tipe-tipe zat kimia tambahan dalam beton. Dapatkan harga beton ready mix kualitas bagus sesuai kebutuhan pembangunan Anda.